Antara WELLCOME dan WELCOME

Aku sudah melakukan kesalahan selama bertahun-tahun selama hidupku, sampai di usia yang tigapuluhan ini, tak ada yang menegur dan mengoreksiku. Sampai hari ini aku baru tau bahwa 'itu' adalah sebuah kesalahan.

Apaan sih? Apanya yang salah? Sampai  bertahun-tahun gitu? 
Penulisan Selamat Datang dalam Bahasa Inggris yang selama ini aku lakukan. Halahh halahh 😅
Aku pikir aku udah jago dalam Bahasa Inggris. Ternyata itu cuma pikiranku doang 😜

Selama ini aku menuliskan Selamat Datang dalam Bahasa inggris dengan tulisan WELLCOME, padahal kata yang benar itu adalah WELCOME.

 L nya cuma satu, nggak double. Malah kalau lihat ada tulisan Welcome, itu aku anggap Spelling Mistake (kepedean).

Terus akhirnya gimana bisa tobat dari kesalahan itu? Ini gara2 semalam, aku ngerjain website pesanan teman, terus di depan halaman pagenya aku buat tulisan Wellcome. Eh, ternyata beliau kirim chat di BBM, minta tolong kata itu diubah menjadi Welcome. Waktu itu aku sih nggak ngeh banget, kenapa hars diganti. Aku menggantinya hanya karena alasan "sesuai permintaan Client, bukan karena aku merasa salah telah menyisipkan Ejaan Yang Tak diSempurnakan itu.

Terus pagi ini, kok sepertinya perasaanku tidak enak hanya karena penulisan Wellcome dan Welcome itu. Kenapa beliau suruh ganti? Bukankah itu penulisan yang salah? atau aku kah yang salah? Aku langsung BBM beliau menanyakan dan mengkonfirmasi hal tersebut, ehhh gak taunya chatku yang sampai ke  beliau tanda X, mungkin paket BBM-nya lagi habis :D

Akhirnya daripada aku kayak cacing kepanasan yang penasaran, aku pun coba cari tahu dari Om Google. Susah ternyata dapat artikelnya. Sepertinya tidak banyak yang peduli dengan fenomena ini.
Dari penelusrank di beberapa artikel, ternyata penulisan yang benar memang WELCOME. Dengan satu L.

Ini beberapa infonya yang aku kutip:

info dari http://www.english-test.net/forum/ftopic35620.html
Welcome itu adalah satu kata yang berarti :
1. Sebuah ucapan ramah atau penerimaan yang ramah yang diberikan kepada orang yang baru tiba/datang
2. Menyapa, menerima, atau menghibur
3. Menerima dan menyambut dengan senang hati

Sedangkan Wellcome (dengan dua L adalah dalah typo, atau salah ketik dan salah tulis. 

info dari http://qna.rediff.com/questions-and-answers/whts-the-difference-between-welcome-and-wellcome/6411015/answers 
Welcome itu:
1. Sebuah ucapan salam
2. Penulisan yang original

Wellcome itu 
1. Spelling Mistake (Ejaan yang Salah)  
2. Nama salah satu Supermarket di China 
3. Gaya salam orang Australia 

info dari http://www.antimoon.com/forum/t4707.htm  
Welcome itu ejaan normal dari varian bahasa inggris.
Wellcome itu mungkin hanya bahasa slang  atau bahasa gaul di Amerika. 
Contohnya di Indonesia, banget=sangat.

Terus, setelah baca-baca artkel itu, aku masih belum yakin juga (dasar keras kepala), masak iya sebegitu lama nya aku nggak tahu akan hal ini, aku gak bisa terima kenyataan ini  (-_-")
Akupun buka google translate, aku ketikkan kata WELCOME, terjemahan yang keluar SELAMAT DATANG.
Aku ketikkan lagi WELLCOME, terjemahan yang keluar tetap WELLCOME.

Akhirnya aku menyerah. Iyaaa aku salah selama ini. Mulai hari ini aku mau tobat. Untunglah hari ini aku mengetahui kebenaran ini.
Teman-teman yang sudah tau hal ini sejak lama, akunya jangan diketawain ya, kudet, kuper  (-_-")
Yang penting hari ini aku udah belajar satu hal baru yang selama ini mungkin dianggap orang sepele...

Sekali lagi, meralat dari semua kesalahan-kesalahan penulisanku selama ini,
WELCOME TO MY BLOG ^_^

Komentar

  1. @Blog Walking yuk
    Terima kasih sudah mampir bro. Salam Kenal kembali ^_^

    BalasHapus
  2. klo Ito kurang jelas coba cek tulisan di keset :)

    BalasHapus
  3. @yandhi ramadhana
    Iya yaa, padahal di keset jelas terpampang nyata tulisan WELCOME :D
    Cuma karena keset selalu untuk dipijak2, jadi sepele dengannya -_-

    BalasHapus
  4. aku masuk kesini dengan keyword "welcome atau wellcome". makasih udah bantu aku bertobat . hahaha.

    BalasHapus
  5. Saya coba di Translate Google, Welcome dan Wellcome sama2 punya arti Selamat Datang??...coba deh sekarang

    BalasHapus
  6. Thank God to found this site, baru aja di komplain gara-gara buat spanduk dengan tulisan "welcome to". Katanya yang benar dengan L double. Sempet gak pede, kirain emang salah. mana buat menyambut tamu overseas lagi. Gugling gugling daaaan... ternyata bener ya L nya cuma satu ajah. hihi kamu gak sendirian kok, banyak yang taunya nulis L double dan tetep keukeuh... :D

    BalasHapus
  7. @Edy Arwin Iya kalau dicari emang begitu, mungkin sudah dianggap sama, atau ada yang menginput wellcome. Atau sudah terlalu banyak orang yang menggunakan kata Wellcome -.-

    BalasHapus
  8. hahaha dan saya menjumpai well come di Madura ayyeeee

    BalasHapus
  9. kawan. Aku malah baru tau sekarang yg bener itu single L.

    BalasHapus
  10. Hahaha.. Barusan aku nulis wellcome

    BalasHapus
  11. Terima kasih sudahberkunjung dan berkomentar di blog saya teman2 semuanya. Sudah lama nggak dibuka ini blog. Semoga tulisan2 disini bermanfaat ya ^_^

    BalasHapus
  12. He he he, aku salah satu yang selalu menulis seperti itu...

    BalasHapus
  13. Makasih bgt!?
    Soalnya baru sadar gara² liat tulisan welcome di laptop lu

    BalasHapus
  14. Ha ha ha..... Baru sadar sejak saat ini pas di usia yg ngk muda lg 50th.... Makasih tulisan blog nya... Sangat bermanfaat.....

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah jadi ada pencerahan dengan bahasa inggris kata WELCOME

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah jd blonk nih kepala, thanks banget ya..

    BalasHapus
  17. Bagus crtitanya, cman habis paket buatt BBM tapi bisa buat buka google gmana bg 😅

    BalasHapus
  18. Nice.....sampai hari ini masih banyak yg typo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes kak, sampai hari ini masih banyak yang typo. Tulisan ini sdah dari 2014, dan di 2022 masih juga ada yg typo :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sara, Ibu Segala Bangsa

I'm Pregnant (Again...)